-->
Sebenarnya ya tergantung individunya untuk bisa memperlajari Struktur Data dan Algoritma tetapi pada kesempatan ini kita sudah mencari berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk belajar Struktur Data dan Algoritma dari berbagai sumber.

Jawabannya mungkin berbeda dari orang ke orang. Satu orang dapat membutuhkan waktu 1 bulan untuk menyelesaikan seluruh struktur data dan algoritme, yang lain mungkin membutuhkan waktu 6 bulan untuk menyelesaikan seluruh materi yang sebagian meliputi dengan data yang terkorelasi antara data lain, array, tabel hash, pohon biner dll adalah konsep yang dapat dipelajari dalam waktu yang relatif singkat. (tergantung seberapa baik Kita memahaminya)

Faktor seperti kecepatan belajar seseorang, seberapa cepat atau lambat dia dapat memahami konsep-konsep baru. Selain itu, latihan memainkan peran penting dalam pembelajaran. Jika Kita tidak mempraktikkan apa yang Kita pelajari, maka tidak ada gunanya dan setelah beberapa waktu.

Juga, revisi memainkan peran penting. Kita pasti akan melupakan banyak hal saat Kita menyelami topik yang lebih kompleks. Jadi, Kita perlu terus merevisi apa yang Kita pelajari. Dan jika Kita berpikir bahwa suatu hari Kita akan mempelajari seluruh struktur data dan algoritme, maka Kita berpikir ke arah yang salah. Setelah banyak latihan yang konsisten, Kita pasti akan menjadi ahli dalam hal itu tetapi Kita tidak dapat menguasainya karena ini adalah subjek yang sangat luas.

Tapi belajar algoritma adalah hal lain, sebenarnya secara pribadi saya tidak berpikir kita bisa berbicara tentang "belajar", karena menurut definisi algoritma berarti "cara untuk memecahkan masalah tertentu". Jadi, Kita tidak bisa belajar bagaimana menyelesaikan semua masalah, tidak ada buku atau sekolah yang mengajarkan Kita bagaimana menyelesaikan setiap masalah karena banyak dan itu tertunda.

“Ada beberapa masalah yang sudah lebih dari 60 tahun dan tidak ada yang bisa menemukan solusi optimal untuk mereka". Ditambah juga dengan algoritma harus berorientasi denagn kinerja ketika solusi ditemukan untuk masalah tertentu harus secepat mungkin bisa mendapatkan hasil yang memiliki kinerja yang sangat baik. Hal ini juga membutuhkan lebih banyak pengalaman daripada belajar.

Apa yang dapat dilakukan adalah, melihat masalah yang paling sering muncul di industri seperti “penjadwal tugas”, “pembuatan jaringan kabel”, dan melihat bagaimana masalah tersebut diselesaikan. Seperti agar Kita dapat menemukan masalah yang membutuhkan proses yang sama dengan salah satu masalah terkenal itu.

Kita juga dapat mempelajari pemrograman linier, yang (secara singkat) merupakan cara yang membantu Kita memodelkan masalah dan menemukan solusi untuk itu.

Tapi, ketika Kita memulai jangan fokus menyelesaikan tugas dalam 2 bulan atau 6 bulan. Berikan dedikasi Kita untuk memahami topik, jangan mencoba mempelajari konsepnya. Memahami konsep sangat penting, karena Kita tidak dapat mempelajari semua masalah.

Lakukan ini secara konsisten selama beberapa waktu, maka Kita pasti akan menyelesaikan seluruh DSA dalam rentang waktu yang singkat. Namun, penting juga untuk tidak membuang waktu Kita untuk melakukan jenis pertanyaan serupa berulang kali. Memberi terlalu banyak waktu pada topik yang sama, untuk itu, Kita dapat mengikuti jalur yang dipandu.

Struktur Data dan Algoritma, Berapa Lama Waktu Yang Dibutuhkan Untuk Mempelajarinya?. Kesimpulannya si yah untuk belajar dasar Struktur data dan algoritma bisa dalam beberapa minggu, Tetapi mohon maaf untuk ditingkat atau jenjang lebih tinggi dibutuhkan waktu seumur hidup :D.




Published at: Juli 12, 2022 , Modified at: Juli 12, 2022 , Tags:
add_box