Ok sekarang saatnya sedikit ulasan tentang rasanya membuat dan memakai amp template diblog pada blogger cukup lucu memang memaksakan amp sebagai template tetapi mudah-mudahan bisa menambah wawasan penulis.

Ulasan ini hanya sebagian kecil dari kelebihan amp dan kekurangan amp sebagai dasar tampilan untuk blog diBlogger. Dengan menggunakan kacamata awam dan mengucapkan yuk kita ngopi berikut kelebihan dan kekurangan tesebut.


Kelebihan AMP

Keberhasilan amp untuk tampilan mobile maupun dekstop yang bisa dirasakan bagi pengguna adalah performa halaman halaman web karena fokus amp dibuat untuk memberikan pengalaman pengunjung web menjadi akan lebih baik dengan mengintergrasikan serve-side sebagai sarana pendukung.

Dan juga amp mempunyai komponen-komponen pendukung yang dibutuhkan oleh halaman web contoh saja amp-layout yang mempunyai cukup opsi parameter dan amp-img yang terintergrasi dengan amp-layout. Mungkin cukup dua komponen ini saja sudah cukup untuk memenuhi semua kebutuhan tampilan blog dan bisa ditambahkan CSS grid dan typography yang kita suka.

Keungulan komponen amp-img sebagai wadah perender gambar cukup luman bermanfaat karena terintergrasi dengan amp-layout dan juga ada parameter srcsrc yang bisa digunakan untuk gambar dengan ukuran yang berbeda dengan hasil yang jelas.

Dikarnakan mempunyai blogspot fitur pengolahan gambar dengan berbagai ukuran dan benar-benar cocok dipadukan dengan amp-img dan juga tidak perlu upload ulang gambar dengan berbagai ukuran.



Mungkin akan ada sedikit masalah mengenai penggunaan amp-img ini diblogger karena gambar pertama akan tidak muncul pada halaman multiple. Sehabis posting ini  saya akan memberi tahu caranya.

Beberapa komponen yang bagus yang tidak terlalu sulit penggunaannya dibloger dan sebagai penunjang amp pada blogspot antara lain amp-social, amp-facebook, amp-sidebar, amp-accordion, amp-analytics, amp-fx-flying-carpet, amp-gist, amp-google-document-embed, amp-sticky-ad, amp-video-iframe, amp-youtube dan lain-lain.


Kekurangan


Beberapa komponen harus terkolerasi dengan server dan diblogger sendiri ya gimana yah heee. Tapi jangan kawatir jika kamu bisa menggunakan firebase masalah ini bisa diselesaikan dengan membuat restapi untuk blogspotmu atau kamu punya server sendiri dan membuat restapi sendiri :) sekalian tidak lagi memakai blogger xixi.

Kekurangan yang lain jika salah satu tag ada yang tidak benar maka semua halaman amp akan ikut terkena imbas dari kesalahan tag tersebut dengan kata lain halaman web tidak akan terCrawl sempuna terlebih lagi pada webmaster tools perlu beberapa hari untuk memvalidasi kesalahan tersebut.

AMP tetap akan menjadi momok yang agak kurang enak dirasakan karna pertama google menyimpan web cache tampilan web dengan url link google kedalam search enginenya, alih-alihnya untuk mempercepat halaman web (menurut gue sih agak scam gitu anggeplah lagi iframe src, becanda kok :V).

Opensoure yang dikembangkan google bukan berati seperti opensource yang dikembangkan secara sosial publik dalam artian proyek AMP lebih banyak dikelola oleh karyawan google sendiri.

Sampai sekarang AMP masih dalam status project kesayangan google dan belum menjadi produk kesayangan google seperti adsense dan juga bisa jadi jika project ini gagal sama seperti yang kita tau nasib yang akan sama seperti google+ atau g+.


Sedikit Kesimpulan

Jika kita mencari penghasilan dengan media web kita harus berfikir berkali-kali untuk menggunakan AMP dan jika kita memang ingin memberikan tulisan atau web konten yang bermakna bagi sesama tanpa mencari penghasilan tambahan tentunya saya akan merekomendasikan AMP meskipun masih belajar :p.



Published at: Juli 23, 2019 , Modified at: Juli 26, 2019 , Tags:
add_box