Inilah Resiko Jika Anda Melakukan Root/Rooting Pada Android

Anda punya smartphone baru, mengkilap dan rapi. Kemudian bisa mendownload aplikasi keren untuk menemanimu setiap kali merasa bosan. Dan juga anda menginginkan yang lebih seperti memasang tema kostum karena yang anda rasakan userinterface smartphone anda tidak user friendly?




Maka anda mendengar atau mengigat kata Rooting untuk menanggulangi masalah ini. Nah, masalahnya adalah Anda tidak dapat melakukan apapun yang Anda inginkan dengan smartphone Anda. Untuk alasan keamanan, produsen ponsel dan operator jaringan seluler memaksakan pembatasan perangkat lunak.

Namun, keterbatasan ini dapat ditolak oleh ponsel Android Anda, meskipun hal ini tidak dianjurkan. Terutama jika Anda tidak memiliki antivirus untuk Android terpasang, untuk melindungi Anda dari malware mobile. Inilah Resiko Jika Anda Melakukan Root/Rooting Pada Android.

Banyak orang berbicara tentang kebebasan rooting ponsel Anda memberi Anda, tanpa harus menekankan risiko yang Anda hadapi dengan melakukannya. Berikut adalah gambaran singkat dari keuntungan dan kerugian dari proses ini. Dalam kasus Anda memutuskan untuk pergi untuk itu, sebaiknya Anda mengambil keputusan untuk keamanan ponsel Anda sendiri.


Rooting adalah proses yang memungkinkan Anda untuk mencapai akses root ke kode sistem operasi Android (istilah yang setara untuk perangkat Apple id jailbreaking). Ini memberi Anda hak untuk memodifikasi kode perangkat lunak pada perangkat atau menginstal perangkat lunak lain yang produsen biasanya tidak akan memungkinkan Anda untuk. Dan untuk alasan keamanan mobile yang baik: mereka tidak ingin pengguna untuk melakukan modifikasi pada ponsel yang dapat mengakibatkan kecelakaan diperbaiki; lebih mudah bagi mereka untuk menawarkan dukungan jika mereka memungkinkan pengguna untuk hanya menggunakan versi dimodifikasi sama dari perangkat lunak. Tapi pengguna tech savvy telah mengembangkan metode rooting, yang bervariasi tergantung pada perangkat. Mereka tersedia di web, dan semakin banyak pengguna Android yang beralih ke mereka karena keistimewaan kuat mereka berikan, seperti:

kustomisasi penuh untuk hampir setiap tema / grafis

download aplikasi apapun, terlepas dari toko aplikasi mereka yang diposting di

memperpanjang umur baterai dan kinerja menambahkan

update ke versi terbaru dari Android jika perangkat Anda sudah usang dan tidak lagi diperbarui oleh produsen


Tapi jika Anda melakukannya salah, maka dapat menciptakan malapetaka. Dan bahkan dilakukan dengan benar, jika ponsel Anda tidak memiliki perlindungan antivirus yang tepat untuk Android, rooting meninggalkan perangkat Anda terbuka untuk segala macam malware.



Dengan kekuatan besar datang tanggung jawab besar
Sekarang, mengatakan semua keunggulan ini telah meyakinkan Anda untuk membasmi perangkat Android Anda. Tapi Anda bisa melakukannya dengan biaya sendiri, mempertaruhkan keamanan mobile Anda sendiri. Berikut ini alasannya:

1. Anda dapat mengubah smartphone Anda menjadi batu bata. Yah, tidak secara harfiah, tetapi jika Anda menyia-nyiakan proses rooting, berarti modifikasi kode, perangkat lunak ponsel bisa begitu rusak bahwa telepon Anda pada dasarnya akan menjadi seperti tidak berguna seperti batu bata.

2. Garansi ponsel Anda hangus atau tidak dapat dipakai. Itu hukum untuk membasmi ponsel Anda; Namun, jika Anda melakukannya, perangkat Anda akan langsung keluar dari garansi. Katakanlah Anda membasmi ponsel dan beberapa waktu setelah itu, Anda mengalami kerusakan ponsel - perangkat keras atau perangkat lunak terkait. Karena rooting Android, garansi tidak berlaku lagi, dan produsen tidak akan menutupi kerugian.

3. Malware dapat dengan mudah melanggar keamanan mobile Anda. Mendapatkan akses root juga memerlukan menghindari pembatasan keamanan yang ditempatkan oleh sistem operasi Android. Yang berarti cacing, virus, spyware dan Trojan dapat menginfeksi perangkat lunak Android yang berakar jika tidak dilindungi oleh antivirus ponsel yang efektif untuk Android. Ada beberapa cara jenis malware mendapatkan pada telepon Anda: drive-by download, link berbahaya, aplikasi yang terinfeksi Anda men-download dari toko aplikasi tidak begitu terkenal. Mereka mengambil alih telepon Anda dan membuatnya bertindak di belakang punggung Anda: meneruskan daftar kontak Anda untuk cybercrooks, mengendus e-mail Anda, mengirim pesan teks ke nomor premium, racking telepon Anda, dan mengumpulkan data pribadi seperti password, username, kartu kredit rincian yang Anda gunakan saat bersosialisasi, perbankan dan belanja dari smartphone Anda.


Saran Untuk Keamanan
Jika Anda masih ingin membasmi merooting, pastikan Anda harus menelitian bagaimana dan cara merooting yang sangat baik, karena cara rooting Andoid biasanya berbeda-beda tergantung pada jenis smartphone dan merek. Lebih baik Anda meminta saran ahli di forum khusus, atau lebih baik lagi, tanyakan pada orang yang mengerti untuk root jenis dan merek android. Semua ini dalam rangka untuk memastikan Anda tidak mengubah perangkat Anda menjadi batu bata.

Menginstal perlindungan antivirus yang tepat untuk ponsel Android Anda, bahkan sebelum rooting perangkat, untuk menangkis infeksi malware. Banyak Antivirus yang menawarkan perlindungan antivirus mobile untuk berbagai sistem operasi mobile, termasuk perlindungan antivirus untuk perangkat Android.

Trimakasih telah membaca Artikel di Lensamedia

Baca Juga:

Followers

EFEK DARI LETUSAN GUNUNG TAMBORA

Letusan gunung berapi Tambora tahun 1815 menciptakan kawah besar sekitar 3,7 mil (enam kilometer) menemukan dan 3.600 meter (1.100 meter). ...

Translate